SALAM

SELAMAT DATANG di blognya BIOLOG qt >>> ajang KREASI n INOVASI

Rabu, Maret 07, 2012



ANALIS
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
UN BIOLOGI 2012




Untuk penyusunan kisi-kisi prediksi
dan
Penyusunan soal latihan/ujicoba UN 2012








DISUSUN OLEH;
MUSO ADHIWARDOYO












PROPINSI JATENG
TEGAL-SLAWI FEBRUARI 2012




No. 1
Kompetensi (1)
Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah
Indikator (1)
Menjelaskan objek dan permasalahan biologi
Kelas/smester
X/1
SK/KD
1.   Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
Materi essensial
1.  Tingkat organisasi objek permasalahan biologi
2.  Cabang keilmuan biologi yang mengkaji permasalahan
Tingkat Berpikir
C3
Indikator soal
1.Siswa dapat menentukan tingkat objek permasalahan biologi berdasarkan contoh masalah yang disajikan
2. Siswa dapat menentukan cabang keilmuan biologi berdasarkan objek permasalahan biologi yang disajikan
3. Siswa dapat menentukan hubungan yang tepat antara objek biologi dan permasalahannya
Contoh Soal
Hubungan yang tepat antara objek biologi dan permasalahannya adalah ....
Objek biologi
Permasalahan biologi
  1. Sel
Dari hasil pemeriksaan di laboratorium darah Pak Amin teridentifikasi  kadar glukosanya tinggi
  1. Populasi
Mengembalikan fungsi hutan sebagai tempat menyimpan cadangan air melalui aktivitas  reboisasi setelah terjadi kebakaran hebat
  1. Jaringan
Setelah seminggu terjemur matahari kulit menjadi berwarna kehitaman, bersisik dan mengelupas
  1. Organ
Mewabahnya penyakit kaki dan mulut pada  hewan ternak di pulau Madura
  1. ekosistem
Tumpahan minyak dari kapal tanker merusak perikehidupan di lautan selat Malaka

Berbagai organ tubuh antara lain anus, apendik, gigi, dan lambung, saling berhubungan. Tingkatan organisasi dari objek biologi tersebut adalah ....
  1. jaringan
  2. organisme
  3. ekosistem
  4. organ
  5. sistem organ



No. 2
Kompetensi (2)
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator (1)
Mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok protista/jamur
Kelas/smester
X/1
SK/KD
2.Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya bagi kehidupan
2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
Materi essensial
Ciri-ciri organisme kelompok protista (Protozoa, Alga, Jamur lendir)/ jamur (Phycomycota, Ascomycota, Basidiomycota, Deuteromycota)
Tingkat berpikir
C2 (Memahami)
Indikator Soal
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok protista/jamur
Contoh Soal
Tiga orang siswa kelas X sedang melakukan pengamatan mikroskopis dari setetes air danau. Organisme yang diamati memiliki ciri-ciri, sebagai berikut:
-          bentuknya tetap (morf)
-          tidak memiliki dinding sel
-          bergerak dengan bulu getar
-          tubuh bersel satu (uniseluler)
Berdasarkan ciri-ciri tersebut, organisme ini tergolong Protista dari kelas ....
  1. Flagellata
  2. Sporozoa
  3. Rhizopoda
  4. Cilliata
  5. Mastigophora


Perhatikan gambar organisme berikut!  


Organisme yang tergolong Ciliata bernomor ….
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5







No. 3
Kompetensi (2)
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator (2)
Mengidentifikasi peran virus/Archaebacteria/Eubacteria bagi kehidupan manusia
Kelas/semester
X/1
SK/KD
2.Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
Materi Essesensial
Peranan virus/Archaebacteria/eubacteria bagi kehidupan manusia
Tingkat Berpikir
C2 (memahami)
Indikator soal
Siswa dapat mengidentifikasi peranan virus/ Archaebacteria/Eubacteria bagi kehidupan manusia
Contoh Soal
Beberapa jenis penyakit dapat ditularkan oleh virus atau bakteri. Manakah pernyataan berikut yang benar?

Penyakit
Kelompok
Jenis
A.
ebola
virus
Pateurella pestis
B.
TBC
bakteri
Diplococcus pneumonia
C.
tetanus
virus
Clostridium tetani
D.
sifilis
bakteri
Treponema pallidum
E.
tipus
virus
Salmonella thyposa



No. 4
Kompetensi (2)
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator (3)
Menentukan dasar pengelompokkan makhluk hidup
Kelas/semester
X/1
SK/KD

Materi Essesensial
  1. Pengelompokkan organisme berdasarkan kesamaan ciri pada tingkatan takson tertentu
  2. Penamaan ilmiah organisme, dan hubungannya dengan taksonomi
  3. Keanekaragaman gen, jenis, ekosistem
Tingkat Berpikir
C2 (Pemahaman)
Indikator soal
1.Siswa dapat menjelaskan cara penulisan nama ilmiah yang benar
2. Siswa dapat membedakan keanekaragaman gen/jenis/ekosistem
3. Siswa dapat mengelompokkan organisme dalam tingkatan takson tertentu
Contoh soal
  1. Cara penulisan nama ilmiah yang benar dengan menggunakan Binomial nomenklatur adalah ....
A.    terdiri dari 2 kata, yaitu genus dan spesies yang ditulis dengan huruf kapital
B.     terdiri dari 2 kata, yaitu genus dan spesies yang ditulis dengan huruf kecil
C.     kata pertama diawali penulisan dengan  huruf kapital dan kata kedua dengan kuruf kecil
D.    kata pertama dan kata kedua berhuruf miring, berjarak dan digaris bawahi
E.     kata pertama diawali huruf kecil dan kata kedua diawali huruf besar

  1. Kelompok hewan berikut yang merupakan keanekaragaan jenis dalam satu genus adalah ....
A.    Kucing, anjing
B.     Kucing, harimau
C.     Harimau, anjing
D.    Anjing, kerbau
E.     Kerbau, sapi



No. 5
Kompetensi (2)
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator (4)
Menjelaskan tujuan dari upaya pelestarian keanekaragaman hayati tertentu
Kelas/smester
X/2
SK/KD
  1. Memahami manfaat keanekaragaman hayati

Materi Essesensial
  1. Tujuan pelestarian in situ – ex situ
  2. Tujuan dari macam-macam perlindungan SDAH (taman nasional, cagar alam, hutan wisata, kebun raya)
Tingkat Berpikir
C2 (Pemahaman)
Indikator soal
Siswa dapat menjelaskan tujuan dari upaya pelestarian SDAH tertentu
Contoh soal
Pelestarian Badak di Ujung Kulon, Bunga Raflesia di hutan Bukit Barisan Bengkulu secara in-situ bertujuan untuk ....
  1. melestarikan sumber daya alam hayati di habitat aslinya
  2. melestarikan sumber daya alam hayati di luar habitatnya
  3. melindungi habitat dan makhluk hidup yang menempatinya
  4. memberikan suaka terhadap alam yang berciri khas flora, fauna dan ekosistem apa adanya
  5. menghimpun jenis-jenis flora-fauna dari berbagai tepat untuk dilestarikan

No. 6
Kompetensi (2)
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator (5)
Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya
Kelas/smester
X/2
SK/KD
  1. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan
Materi Essesensial
  1. Mengenali spesies invertebrata berdasarkan ciri-cirinya
  2. Nama kelompok takson tertentu dari invertebrata
Tingkat Berpikir
C3 (analisis)
Indikator soal
Siswa dapat mengidentifikasi organisme invertebrata berdasarkan ciri-cirinya
Contoh soal
Amin menemukan hewan dengan ciri-ciri:
-          Tubuh berkulit duri
-          Alat gerak berupa kaki ambulakral
-          Reproduksi seksual dengan fertilisasi eksternal
Dapat dipastikan hewan tersebut adalah ....
  1. Bintang laut
  2. Udang
  3. Bekicot
  4. Cumi-cumi
  5. Cacint tanah


No. 7
Kompetensi (2)
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator (5)
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan invertebrata
Kelas/Smester
X/2
SK/KD
3.Memahami manfaat keanekaragaman hayati
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan
Materi Essesensial
  1. Siklus hidup invertebrata (perkembangbiakan seksual – aseksual)
  2. Cara perkembangbiakan organisme invertebrata:
-          Seksual (pembentukan gamet: fertilisasi internal – eksternal)
-          Aseksual (pembentukan tunas, fragmentasi)
Tingkat Berpikir
C3 (analisis)
Indikator soal
Siswa dapat mengidentifikasi cara perkembangbiakan organisme invertebrata berdasarkan gambar/daur yang disajikan
Contoh soal
Perhatikan daur hidup Aurelia sp (ubur-ubur)!
    Dari gambar tersebut fase reproduksi generatif adalah yang
    berlabel ....
    A.  1
    B.  2
    C.  3
    D.  4
    E.  5


No. 8
Kompetensi (2)
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator (6)
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan/tumbuhan
Kelas/smester
X/2
SK/KD
3.Memahami manfaat keanekaragaman hayati
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam dunia tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan
Materi Essesensial
  1. Ciri-ciri kelompok hewan dari tingkat filum dan kelas
  2. Ciri-ciri kelompok tumbuhan dari tingkat divisi, sub divisi, dan kelas
Tingkat Berpikir
C3 (analisis)
Indikator soal


Contoh soal
Siswa dapat menentukan kelompok tumbuhan/hewan berdasarkan ciri-ciri/gambar yang disajikan

Berikut ini beberapa ciri tumbuhan:
(1)   Akar tunggang
(2)   Batang tidak bercabang
(3)   Tulang daun menyirip/menjari
(4)   Berkambium
(5)   Tulang daun sejajar
(6)   Biji berkeping dua
Berdasarkan ciri-ciri diatas, ciri-ciri yang sesuai dengan kelompok tumbuhan dikotil adalah ....
  1. (1), (3), (4), dan (5)
  2. (1), (3), (4), dan (6)
  3. (1), (3), (5), dan (6)
  4. (2), (3), (4), dan (6)
  5. (3), (4), (5), dan (6)

Perhatikan hewan-hewan dari tingkatan kelas berikut!

Belalang           lipan                 laba-laba            udang

(Insekta)      (myriapoda)        (arachnida)        (Crustacea)

Ke-empat hewan diatas  digolongkan kedalam satu filum yang sama, karena ....
  1. tidak memiliki tulang belakang
  2. pola tubuh simetris bilateral
  3. memiliki kaki yang beruas-ruas
  4. tubuh tersusun atas tiga bagian
  5. jumlah antena satu pasang


Perhatikan gambar organismhewan-hewan berikut!



 



         


  

     
        Ketiga hewan  tersebut dikelompokkan ke dalam kelas yang sama karena ....
    A. melahirkan anaknya
    B. kulitnya berbulu
    C. jantung beruang empat
    D. suhu tubuh berubah-ubah
    E. fertilisasi internal



No. 9
Kompetensi (3)
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem
Indikator (1)
Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem
Kelas/Smester
X/2
SK/KD
4.Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi sserta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia sera pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
Materi Essesensial
Komponen ekosistem, peranan dan interaksinya

Tingkat berpikir
C3 (analisis)
Indikator soal
Siswa dapat menganalisis hubungan antar komponen pada ekosistem tertentu berdasarkan diagram yang disajikan
Contoh Soal
Perhatikan diagram rantai makanan pada ekosistem sawah!








       Berdasarkan diagram  tikus  berperan  sebagai .....
    A. karnivor II
    B. herbivor
    C. konsumen primer
    D. konsumen tersier
    E. taraf trofi III

Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut!
 


Organisme yang berada pada tingkat trofi kedua adalah ….
  1. kelinci dan ulat
  2. elang dan serigala
  3. elang dan burung
  4. tikus  dan serigala
  5. serangga dan burung


No. 10
Kompetensi (3)
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem
Indikator (3)
Menjelaskan aliran energi atau daur biogeokimia
Kelas/Smester
X/2
SK/KD
4.Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia sera pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
Materi Essesensial
Aliran energi, perubahan materi dari daur biogeokimia (C, O, N, S, P dll)
Tingkat Berpikir
C3 (analisis)
Indikator soal
Siswa dapat menjelaskan aliran energi/perubahan materi berdasarkan diagram yang disajikan dari daur biogeokimia tertentu
Contoh Soal
Perhatikan daur hidrologi berikut!

Bila X terbakar habis, dampak yang terjadi adalah ....
    1. bertambah besarnya aliran air
    2. mengurangi aliran air
    3. bertambah besar daya serap humus
    4. bertambah besarnya proses evapotransportasi
    5. tidak mempengaruhi persediaan air di hutan

Perhatikan diagram daur biogeokimia unsur C berikut!
      

      Proses yang terjadi pada 1 dan 2 adalah ....
A.    fotosintesis dan respirasi
B.     respirassi dan transpirasi
C.     respirasi dan pembakaran
D.    pembakaran dan pengendapan
E.     pengendapan dan fotosintesia



No. 11
Kompetensi (3)
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem
Indikator (4)
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan
Kelas/smester
X/2
SK/KD
4.Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
Materi Essesensial
Perubahan-pencemaran lingkungan (tanah, air, udara, bunyi) dan dampaknya
Tingkat Berpikir
C3 (Analisis)
Indikator soal
Siswa dapat menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia (dampak) dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan
Contoh Soal
Penurunan produksi buah pada suatu daerah berhubungan erat dengan punahnya jenis serangga tertentu seperti kupu-kupu, hal ini disebabkan karena .....
      A. serangga hama perusak tanaman meningkat
      B. burung pemakan serangga berkurang
      C. serangga pembantu penyerbukan berkurang
      D. burung pemakan buah meningkat
      E. ulat perusak buah meningkat

2.      Eutrofikasi pada lingkungan pertanian disebabkan oleh pencemaran air dari limbah ….
  1. rumah tangga
  2. pestisida yang larut
  3. pupuk organik yang larut
  4. industri nonorganik
  5. bangkai biota air                                



No. 12
Kompetensi (4)
Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan
Indikator (1)
Menjelaskan struktur sel/komponen kimia sel/proses yang terjadi pada sel
Kelas/Smester
XI/1
SK/KD
1.   Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.1     Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis-eksositosis)
Materi Essesensial
1.   Struktur sel hewan-tumbuhan
2.   Komponen kimia sel dan fungsinya
3.   Mekanisme transpor (difusi, osmosis, transpor aktif, endosistosis-eksositosis)
Tingkat Berpikir
C2 (Pemahaman)
Indikator soal
Siswa dapat menjelaskan proses/mekanisme transpor yang terjadi pada sel
Contoh Soal
Perhatikan gambar di bawah ini!   


8-18
 







      Dari gambar tersebut, transportasi zat   terjadi melalui ....  
      A. difusi
      B. endositosis
      C. eksositosis
      D. osmosis
      E. absorbsi

Manakah pernyataan yang tepat berkaitan dengan sel?     
  1. Plasma sel merupakan organel pengatur seluruh kegiatan sel
  2. Dinding sel terdapat pada sel heewan dan sel tumbuhan
  3. Sel hewan dan sel tumbuhan mempunyai sentriol
  4. Sel hewan dan sel tumbuhan sama-sama mempunyai plastida
  5. Nukleus sel hewan dan sel tumbuhan terbungkus membran




No. 13
Kompetensi (4)
Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan
Indikator (2)
Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan
Kelas/smester
X/1
SK/KD
1.   Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.1     Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.2     Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
Materi Essesensial
Struktur dan fungsi organel sel tumbuhan-hewan
Tingkat Berpikir
C3 (Analisis)
Indikator soal
Siswa dapat mengidentifikasi  struktur dan fungsi organel sel hewan/tumbuhan berdasarkan gambar/tabel yang disajikan
Contoh Soal
Organel sel khas pada sel hewan yang mengandung enzim-enzim pencernaan hidrolitik  adalah ....
      A. mitokondria
      B. golgi komplek
      C. ribosom
      D. sentrosom
                E. lisosom


No. 14
Kompetensi (4)
Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan
Indikator (3)
Mengidentifikasi jaringan tumbuhan/hewan sesuai fungsinya tumbuhan/hewan
Kelas/Smester
XI/1
SK/KD
2.Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks salingtemas
2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengjaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata dan mengkaitkannya dengan fungsinya
Materi Essesensial
Macam-macam jaringan hewan/tumbuhan struktur dan fungsinya
Tingkat Berpikir
C3 (Analisis)
Indikator soal
Siswa dapat mengidentifikasi struktur jaringan hewan/tumbuhan dan fungsinya dari gambar organ yang disajikan
Contoh soal
Perhatikan gambar penampang melintang batang dikotil.
      Fungsi jaringan berlabel P adalah .......                            
      A. mengangkut air dan mineral
      B. mengangkut hasil fotosintesis
      C. menyimpan hasil fotosintesis
      D. aktifitas pertumbuhan sekunder
      E. membentuk lingkaran tahun

Perhatikan gambar struktur sayatan melintang daun berikut!
   

Proses fotosintesis terjadi pada bagian ….
A.    2 dan 3
B.     2 dan 4
C.     3 dan 4
D.    4 dan 5
E.     5 dan 1






No. 15
Kompetensi (5)
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Indikator (1)
Menjelaskan mekanisme kerja otot dan tulang/sendi pada manusia
Kelas/smester
XI/2
SK/KD
3.Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas
3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan penyakit yang terjadi pada sistem gerak pada manusia
Materi Essesensial
1.   Mekanisme kerja otot (antagonis-sinergis): fleksor-ekstensor, abduktor-aduktor, pronator-supinator
2.   Tulang dan persendian dengan gerakan yang terjadi
Tingkat Berpikir
C2 (Pemahaman)
Indikator soal
1.   Siswa dapat menjelaskan contoh mekanisme kerja otot antagonis-sinergis
2.   Siswa dapat menjelaskan hubungan persendian/lokasi persendian dengan gerakan yang terjadi
Contoh soal
Perhatikan gambar persendian di bawah ini!

Pernyataan yang tepat untuk nama  sendi dan pergerakannya adalah ....
      A. luncur, gerakan  satu arah
      B. engsel, gerakan  dua arah
      C. putar, gerakan memutar
      D. pelana, gerakan  dua rah
      E. peluru, gerakan bebas


Contoh gerak pronasi dan supinasi terjadi saat ….
A. lifter mengangkat besi barbell
B.  mengayunkan kaki saat duduk di meja
C.  kaki melompat, dalam lompat jauh
D. menelengkup dan menengadah telapak tangan
E.  lengan naik turun waktu push up



No. 16
Kompetensi (5)
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Indikator (2)
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/gangguannya
Kelas/smester
XI/1
SK/KD
3.Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah
Materi Essesensial
1.   Struktur, fungsi dan proses sistem peredaran darah anusia
2.   Gangguan pada sistem peredaran darah manusia
Indikator soal
1.   Siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi dari sistem peredaran darah manusia
2.   Siswa dapat menjelaskan gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia
Contoh Soal
Sepasang suami istri harus ke rumah sakit untuk memperoleh penanganan khusus pada  kehamilan anaknya yang kedua, sehubungan dengan golongan darah yang dimiliki mereka. Faktor yang mungkin mengganggu keselamatan kelahiran anak tersebut adalah rhesus.       Hal ini disebabkan karena anak mereka akan mengalami penyakit .....
      A. thalasemia
      B. siklemia
      C. haemofilia
      D. arteriosklerosis
      E. eritroblastosis foetalis

Perhatikan gambar anatomi jantung manusia di bawah ini!
      Berdasarkan gambar tersebut, pembuluh darah
      arteri pulmonalis adalah yang bernomor ....
       A.  1
       B.  2
       C.  3
       D.  4
       E.  6






No. 17
Kompetensi (5)
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Indikator (3)
Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia/gangguannya
Kelas/Smester
XI/2
SK/KD
3.Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelaian penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
Materi Essesensial
1.      Struktur, fungsi, dan proses sistem pencernaan manusia
2.      Gangguan pada sistem pencernaan manusia
Indikator soal
1.      Siswa dapat  menjelaskan struktur dan fungsi dari sistem pencernaan manusia
2.      Gangguan pada sistem pencernaan manusia
Contoh soal
Perhatikan gambar diagram pencernaan pada manusia!
      Berdasarkan gambar tersebut, glukosa,
      asam amino, asam lemak dan gliserol
      terdapat pada daerah yang berlabel ....
      A.  I
      B.  II
      C.  III
      D.  IV
      E.  V



No. 18
Kompetensi (5)
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Indikator (4)
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/gangguannya
Kelas/Smester
XI/2
SK/KD
3.Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas
3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misal burung)
Materi Essesensial
1.      Struktur, fungsi, dan proses sistem pernafasan pada manusia
2.      Gangguan pada sistem pernafasan manusia
Indikator soal
1.      Siswa dapat  menjelaskan struktur dan fungsi dari sistem pernapasan manusia
2.      Gangguan pada sistem pernapasa manusia
Contoh Soal
Pada pernapasan dada, inspirasi terjadi bila … .
A.    otot antar tulang rusuk berkontraksi, sehingga tulang rusuk menurun, rongga dada mengecil, udara keluar
B.    otot sekat rongga dada kontraksi, posisi sekat mendatar, rongga dada membesar, udara masuk
C.    otot antar tulang rusuk kontraksi, tulang rusuk terangkat, rongga dada membesar, udara masuk
D.    otot antar tulang rusuk relaksasi, tulang rusuk terangkat, rongga dada membesar, udara masuk
E.  otot sekat rongga dada relaksasi, posisi sekat mencembung, rongga dada membesar,  udara keluar

No. 19
Kompetensi (5)
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Indikator (5)
Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia/gangguannya
Kelas/Smester
XI/2
SK/KD
3.Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas
3.5 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan  proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan  hewan (misalnya pada ikan dan serangga)

Materi Essesensial
1.Struktur, fungsi, dan proses sistem ekskresi pada manusia
2.Gangguan pada sistem ekskresi manusia
Tingkat Berpikir
C2 (pemahaman)
Indikator soal
1.Siswa dapat  menjelaskan struktur dan fungsi dari sistem pernapasan manusia
2.Gangguan pada sistem pernapasa manusia
Contoh Soal
Berdasarkan gambar nefron di samping urine sekunder terbentuk setelah terjadi proses reabsorbsi pada bagian yang  berlabel ....

      A.  1
      B.  2
      C.  3
      D.  4
      E.  5


No. 20
Kompetensi (5)
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Indikator (6)
Menjelaskan sistem regulasi pada manusia
Kelas/Smester
XI/2
SK/KD
3.Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
Materi Essesensial
  1. Struktur dan fungsi dari sistem saraf
  2. Struktur dan fungsi dari sistem endokrin
Tingkat Berpikir
C2 (Pemahaman)
Indikator soal
Siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi dar sistem saraf/endokrin pada manusia
Contoh soal
Perhatikan  pembentukan sel telur dan berkaitan dengan proses menstruasi berikut!
                        
Hormon yang memacu proses pembentukan sel pada (X) dan hormon yang berperan adalah ….
  1. FSH dan LH
  2. LH dan FSH
  3. FSH dan estrogen
  4. FSH dan progesteron
  5. Progesteron dan estrogen

No. 21
Kompetensi (5)
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Indikator (7)
Menjelaskan sistem indera pada manusia
Kelas/Smester
XI/2
SK/KD
3.Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
Materi Essesensial
Struktur dan fungsi sistem indera manusia (mata, telinga, hidung, peraba/kulit, perasa/lidah)
Tingkat Berpikir
C2 (Pemahaman)
Indikator soal
Siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi indera manusia (mata, telinga, hidung, kulit, lidah)
Contoh soal
Setelah sampai di kornea, impuls cahaya agar sampai
di retina harus melewati bagian-bagian mata di
antaranya ...
A. aqueous humor - pupil - lensa - vitreus humor
B. aqueous humor - lensa - pupil - vitreus humor
C. lensa - pupil - aqueous humor - vitreus humor
D. vitreus humor - pupil - lensa - aqueous humor
E. vitreus humor - lensa - pupil - aqueous humor

No. 22
Kompetensi (5)
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Indikator (8)
Menjelaskan sistem reproduksi pada manusia
Kelas/smester
XI/2
SK/KD
3.Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas
3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan  proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
Materi Essesensial
1.   Struktur dan fungsi sistem reproduksi manusia (laki-laki – perempuan)
2.   Mekanisme menstruasi
Tingkat Berpikir
C2 (Pemahaman)
Indikator soal
1.   Siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi sistem reproduksi manusia (laki-laki/perempuan)
2.   Siswa dapat menjelaskan proses mekanisme menstruasi
Contoh Soal
Saluran reproduksi internal pada laki-laki yang berfungsi untuk pemasakan spermatozoa  adalah …
      A. saluran epidimis
      B. tubulus seminifterus
      C. vesicula seminalis
      D. kelenjar prostat
      E. vasa deferens

Tempat terjadinya fertilisasi pada alat reproduksi wanita adalah ….
  1. vagina
  2. uterus
  3. oviduk
  4. endometrium
  5. korpus luteum





No. 23
Kompetensi (6)
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan/pengamatan
Indikator (1)
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan
Kelas/Smester
XII/1
SK/KD
1.      Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
1.2 Melakukan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Materi Essesensial
Faktor-faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan-perkembangan tumbuhan
Tingkat Berpikir
C4 (Sintesis)
Indikator soal
Siswa dapat menginterpretasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan berdasarkan data yang disajikan
Contoh Soal
Seorang siswa SMA melakukan suatu percobaan untuk mengetahui pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan.  Data yang diperoleh dinyatakan dalam bentuk grafik. Grafik yang menunjukkan pertumbuhan kecambah ditempat gelap dan terang yang sesuai adalah ....
 

        
                 A.                           B.                                C                     D                     E
     


A.                           B.                      C.                  D.               E.

    Keterangan :
_______   tempat gelap                          X    =  kecepatan tumbuh
................ tempat terang                          Y     =  waktu  



No. 24
Kompetensi (6)
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan/pengamatan
Indikator (2)
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
Kelas/Smester
XII/1
SK/KD
1.   Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
1.1 Merencanakan percobaann pengaruh faktor luar tergadap pertumbuhan tumbuhan
Materi Essesensial
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (luar dan dalam)
Tingkat Berpikir
C2 (Pemahaman)
Indikator soal
Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (luar/dalam)
Contoh Soal
Selama musim kemarau, tanaman jati dan beberapa jenis tanaman yang lain mengalami pengguguran daun. Hal ini terjadi karena adanya konsentrasi yang tinggi dari hormon ....
A.    Asam absisat
B.     Auksin
C.     Giberelin
D.    Gas etilen
E.     Asam traumalin

No.25
Kompetensi (7)
Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis
Indikator (1)
Menjelaskan ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses metabolisme tubuh
Kelas/Smester
XII/1
SK/KD
2.   Memahami  pentingnya proses metabolisme pada organisme
2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
Materi Essesensial
1.   Struktur enzim dan fungsinya
2.   Ciri-ciri kinerja enzim
Tingkat Berpikir
C2 – C3 (Pemahaman-analisis)
Indikator soal
1.   Siswa dapat menjelaskan struktur enzim dan fungsinya
2.   Siswa dapat menjelaskan kinerja enzim berdasarkan data hasil percobaan/diagram yang disajikan
Contoh Soal
Enzim merupakan protein yang berperan sebagai biokatalisator dalam berbagai reaksi metabolisme sel. Pernyataan berikut yang merupakan sifat enzim adalah …
      A. memerlukan sifat asam
      B. bekerja spesifik
      C. memerlukan suhu tinggi
      D. memecah barbagai substrat
      E. menyusun berbagai substrat


No. 26
Kompetensi (7)
Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis
Indikator (2)
Menjelaskan proses metabolisme karbohidrat
Kelas/Smester
XII/1
SK/KD
2.Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
Materi Essesensial
Proses metabolisme karbohidrat (Glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, transpor elektron)
Tingkat Berpikir
C3 (Analisis)
Indikator soal
Siswa dapat menjelaskan tahapan proses metabolisme karbohidrat
Contoh soal
Perhatikan skema respirasi berikut!
                                          
Dari skema tersebut,  bagian yang berlabel X dan Y masing-masing adalah ......
      A. glukosa dan transpor elektron
      B. glukosa dan siklus Krebs
      C. glukosa dan dekarboksilasi
      D. asetil Ko-A dan transpor elektron
      E. asetil Ko-A dan siklus Krebs



No. 27
Kompetensi (7)
Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis
Indikator (3)
Menjelaskan tahapan proses fotosintesis karbohidrat
Kelas/Smester
XII/1
SK/KD
2.Memahami pentingnya proses metabolise pada organisme
2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
Materi Essesensial
  1. Tahapan proses fotosintesis (reaksi terang, reaksi gelap)
  2. Pembuktian proses hasil fotosintesis
Tingkat Berpikir
C3 (Analisis)
Indikator soal
1.Siswa dapat menjelaskan tahapan proses fotosintesis
2. Siswa dapat menjelaskan proses pembuktian hasil fotosintesis
Contoh Soal
Perhatikan bagan eksperimen fotosintesis Ingenhouz.
      
   
Dari hasil eksperimen di atas dapat membuktikan bahwa dalam proses fotosintesis ..........
A.   diperlukan oksigen
B.dihasilkan karbondioksida
C.diperlukan cahaya
D.   dibutuhkan klorofil
E. dipengaruhi natrium bikarbonat

Perhatikan gambar proses fotosintesis berikut ini!
      
   
Berdasarkan gambar di atas, nomor 1 dan 2 adalah ….
  1. O2   dan reaksi terang
  2. O2   dan reaksi gelap
  3. NADH dan reaksi terang
  4. NADPH dan reaksi gelap
  5. ATP dan reaksi gelap             


No. 28
Kompetensi (7)
Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis
Indikator (4)
Menjelaskan proses kemosintesis (respirasi anaerob)
Kelas/Smester
XII/1
SK/KD
2.Memahami pentingnya proses metabolise pada organisme
2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
Materi Essesensial
1.   Proses respirasi Anaerob (alkohol, asam cuka, asam laktat)
2.   Proses kemosintesis
Tingkat Berpikir
C3 (analisis)
Indikator soal
1.   Siswa dapat menjelaskan proses respirasi Anaeob
2.   Siswa dapat menjelaskan proses kemosintesis
Contoh Soal
Dalam pembuatan roti tawar melalui fermentasi ragi Saccharomyces sp  dihasilkan CO2 yang  menyebabkan roti menjadi mengembang. CO2 tersebut berasal dari proses perubahan senyawa .....
       A. asam asetat menjadi alkohol
       B. asam asetat menjadi asam piruvat
       C. asam piruvat menjadi alkohol
       D. asam piruvat menjadi asetaldehide
       E. glukosa menjadi asam piruvat

Fermentasi alcohol yang dikerjakan Saccharomyces dalam larutan yang mengandung gula dapat dituliskan dalam persamaan reaksi ….
A.    C6H12O6  à C2H5OH  + CO2
B.    C6H12O6  à C2H5OH  + 2CO2  + 28 kkal
C.    C6H12O6  à C2H5OH  + 2CO2  + O2
D.    C6H12O6  à 2C3H4O3  + 2H2 
E.     C6H12O6  à C2H5OH  + 2H2O  +  2CO2




No. 29
Kompetensi (8)
Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi
Indikator (1)
Menentukan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom
Kelas/Smester
XII/1
SK/KD
3.   Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas
3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
Materi Essesensial
Struktur Nukleotida (DNA, RNA), kromosom
Tingkat Berpikir
C2 (Pemahaan)
Indikator soal
Siswa dapat menentukan struktur nukleotida DNA-RNA, atau kromosom
Contoh Soal
Pada tabel berikut perbedaan DNA dan RNA yang benar adalah ....     

DNA
RNA
A.
Komponen gula ribosa
Komponen gula pentosa
B.
Pirimidin : Timin dan Sitosin
Pirimidin : Urasil dan Sitosin
C.
Rantai tunggal dan panjang
Rantai ganda dan pendek
D.
Terletak  dalam sitoplasma sel
Terletak dalam nukleus pada kromosom
E.
Kadar tergantung sintesis protein
Kadar tetap


No. 30
Kompetensi (8)
Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi
Indikator (2)
Menjabarkan proses sintesis protein
Kelas/Smester
XII/1
SK/KD
3.Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas
3.2 Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-polipeptida dan proses sintesis protein
Materi Essesensial
Proses sintesis protein (transkripsi, translasi, sintesis polipeptida)
Tingkat Berpikir
C3-C4 (analisis – sintesis)
Indikator soal
Siswa dapat menjabarkan proses sintesis protein
Contoh Soal
Perhatikan diagram DNA yang melakukan suatu berikut ini!
Proses tersebut adalah ....                


      A. replikasi membentuk DNA baru
      B. replikasi membentuk RNAd
      C. translasi menyusun protein
      D. transkripsi membentuk RNAd
      E. transkripsi membentuk RNAt 


No. 31
Kompetensi (8)
Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi
Indikator (3)
Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis
Kelas/Smester
XII/1
SK/KD
3.Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
Materi Essesensial
1.   Tahapan pembelahan mitosis – meiosis
2.   Tahapan gametogenesis (Spermatogenesis – oogenesis)
Tingkat Berpikir
C2 – C3 (Pemahaman – Analisis)
Indikator soal
1.   Siswa dapat menjelaskan tahapan pembelahan mitosis/meiosis
2.   Siswa dapat menjelaskan yahapan gametogenesis
Contoh Soal
Perhatikan gambar fase-fase mitosis di bawah ini!
 
     Urutan fase-fase yang benar adalah ....
       A.  1 – 2 – 3 – 4
       B.  1 – 3 – 2 – 4
       C.  2 – 3 – 4 – 1
       D.  3 – 2 – 1 – 4
       E.  4 – 1 – 3 – 2




No. 32
Kompetensi (8)
Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi
Indikator (4)
Mengintepretasikan persilangan dengan hukum Mendel
Kelas/Smester
XII/1
SK/KD
3.Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas
3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
Materi Essesensial
Persilangan monohibrida – dihibrida menurut Hk. Mendel
Tingkat Berpikir
C2 – C3 (Pemahaman – Analisis)
Indikator soal
Siswa dapat mengintepretasikan persilangan monohibrida/dihibrida menurut hk. Mendel
Contoh Soal
Pada tanaman labu B (bulat) dominan terhadap b (kisut) T (tinggi) dominan terhadap t (rendah). Tanaman labu dengan genotip BbTt dibastarkan dengan Bbtt menghasilkan labu berfenotip bulat tinggi, kisut tinggi, bulat rendah dan kisut rendah dengan perbandingan ….
      A. 9 : 3 : 3 : 1
      B. 3 : 1 : 3 : 1
      C. 3 : 3 : 1 : 1
      D. 3 : 1 : 1 : 3
      E. 1 : 1 : 1 : 1



No. 33
Kompetensi (8)
Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi
Indikator (5)
Mengintepretasikan persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel
Kelas/Smester
XII/1
SK/KD
3.Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas
3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
Materi Essesensial
Penyimpangan semu hukum Mendel
Tingkat Berpikir
C2 – C3 (Pemahaman – Analisis)
Indikator soal
Siswa dapat mengintepretasikan persilangan pada penyimpangan semu hk. Mendel
Contoh Soal
Dari persilangan ayam walnut (RrPp) dengan ayam berpial pea (rrPp) kemungkinan akan memperoleh keturunan walnut, rose, pea, dan single dengan perbandingan ….
    1. 1 : 1 : 3 : 3
    2. 1 : 3 : 3 : 1
    3. 3 : 1 : 1 : 3
    4. 3 : 1 : 3 : 1
    5. 3 : 3 : 1 : 1



No, 34
Kompetensi (8)
Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi
Indikator (6)
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia
Kelas/Smester
XII/1
SK/KD
3.Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas
3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
Materi Essesensial
Pewarisan cacat/penyakit menutun pada manusia
Tingkat Berpikir
C3 (analisis)
Indikator soal
Siswa dapat mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun tertentu pada manusia
Contoh soal
Pak Ahmadi berpenglihatan normal, tetapi Bu Ahmadi butawarna. Mereka memiliki 1 orang anak perempuan yang menikah dengan seorang laki-laki butawarna. Besar kumungkinan Persentase cucu Pak dan Bu Ahmadi yang butawarna adalah ....
    1. 100%
    2. 75%
    3. 50%
    4. 25%
    5. 0%



No. 35
Kompetensi (8)
Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi
Indikator (7)
Mengidentifikasi peristiwa mutasi
Kelas/smester
XII/1
SK/KD
3.Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas
3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam salingtemas
Materi Essesensial
Mutasi gen – kromosom
Tingkat Berpikir
C2 (Pemahaman)
Indikator soal
Siswa dapat mengidentifikasi peristiwa mutasi gen/kromosom
Contoh soal
Seorang anak perempuan yang mengalami sindrom turner  memiliki ovarium yang tidak  normal dan tidak berfungsi menghasilkan sel telur serta payu dara tidak tumbuh. Penyebabnya karena kelainan susunan kromosom yang disebut ....
      A. nulisomi
      B. tetrasomi
      C. trisomi
      D. monosomi
      E. triploid

Berikut ini adalah gambar  kromosom bermutasi:

Mutasi delesi dan inversi ditunjukkan kromosom ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 5
E. 3 dan 5



No. 36
Kompetensi (9)
Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains
Indikator (2)
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya
Kelas/Sester
XII/2
SK/KD
  1. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Materi Essesensial
Teori asal-usul kehidupan (Ariestoteles, Laouis Pasteur, Redi, Spallanzani, Urey-Miller) dan pembuktiannya
Tingkat Berpikir
C2 (Pemahaman)
Indikator soal
Siswa dapat menjelaskan asal-usul kehidupan dan pembuktiannya menurut teori tertentu
Contoh soal
Berdasarkan cara memperoleh makanannya makhluk hidup dibedakan menjadi autotrof dan heterotrof.  Menurut teori evolusi biologi awal terbentuknya makhluk hidup dimulai   dari ....
      A. heterotrof yang mendapatkan zat organik dari lautan
      B. heterotrof yang memperoleh zat organik dari autotrof
      C. heterotrof yang memperoleh zat anorganik dari autotrof
      D. autotrof yang mendapatkan zat anorganik dari lautan
      E. autotrof yang melakukan fotosintesis di lautan organik

Perhatikan gambar percobaan Francesco Redi berikut ini!  
Setelah dibiarkan terbuka selama 3 hari, potongan daging pada tabung 3 tidak ada perubahan. Hal yang tidak membuktikan percobaan tersebut adalah ….
  1. Daging tidak mengandung larva lalat
  2. Larva lalat bukan berasal dari potongan daging
  3. udara tidak mengandung  telur lalat
  4. udara membawa telur dan larva lalat
  5. larva berasal dari telur lalat


No. 37
Kompetensi (9)
Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains
Indikator (2)
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada mekanisme evolusi
Kelas/Smester
XII/2
SK/KD
4.Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Materi Essesensial
Prinsip-prinsip mekanisme evolusi (populasi simpatrik, isolasi reproduksi, Hk. Hardy-Weinberg)
Tingkat Berpikir
C2 (Pemahaman)
Indikator soal
Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip penting mekanisme evolusi
Contoh Soal
Di bawah ini adalah beberapa pernyataan :
      1. Populasi besar
      2. Terjadi peristiwa migrasi
      3. Perkawinan terjadi secara acak
      4. Terjadi mutasi gen
      5. Memiliki viabilitas dan fertilitas tinggi
Hukum Hardy-Weinberg hanya berlaku dalam keadaan …
     A. 1–2–3
     B. 1–3–4
     C. 1–3–5
     D. 2–3–4
       E. 3–4–5

Fakta adanya seleksi alam menurut teori evolusi Darwin di bawah ini yang benar adalah ..
      A. jerapah berleher panjang karena menjangkau daun muda yang terletak di ujung batang
      B. terdapat 14 spesies burung Finch di kepulauan Galapagos berasal dari Amerika Selatan
      C. kuda eohipus sebesar kucing berevolusi menjadi kuda equus yang berukuran 1, 6 meter
      D. ular tidak berkaki karena nenek moyangnya menggunakan perut untuk berjalan
      E. kupu-kupu Biston betularia yang berwarna gelap lebih banyak setelah industrialisasi


No. 38
Kompetensi (10)
Menjelaskan prinsip-prinsip dan peranan bioteknologi pada salingtemas
Indikator (1)
Menjelaskan peran bioteknologi
Kelas/Smester
XII/2
SK/KD
5.   Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas
5.1 Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
Materi Essesensial
Prrinsip-prinsip dan peranan bioteknologi konvensional-modern
Tingkat Berpikir
C2 (Pemahaman)
Indikator soal
Siswa dapat menjelaskan peranan bioteknologi konvensional-modern tertentu
Contoh Soal
Sisa-sisa  makanan dan kotoran ternak dapat menimbulkan gangguan bau yang tidak sedap dan sumber berbagai penyakit. Melalui bioteknologi masalah tersebut dapat diatasi  dengan cara  diolah menjadi ....
     A. pupuk kandang menggunakan Thiobacillus ferooxidans
     B. protein sel tunggal mengggunakan Methylophillus sp
     C. menjadi gas metan menggunakan Methanobacterium sp
     D. menjadi gas hidrogen menggunakan Clostridium butyrium
     E. pupuk nitrogen melalui bioremediasi bakteri Rhizobium sp



No. 39
Kompetensi (10)
Menjelaskan prinsip-prinsip dan peranan bioteknologi pada salingtemas
Indikator (2)
Menjelaskan contoh bioteknologi konvensional/modern
Kelas/Smester
XII/2
SK/KD
5.Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas
5.1 Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
Materi Essesensial
Contoh teknologi dan hasil/produk bioteknologi konvensional/modern
Tingkat Berpikir
C2 (Pemahaman)
Indikator soal


Contoh soal
Siswa dapat menjelaskan contoh produk dan bioteknologi konvensional/modern

Insulin merupakan produk bioteknologi yang sangat menolong bagi penderita diabetes melitus. Teknologi yang digunakan untuk memperoleh produk tersebut adalah ....
  1. Fusi sel pankreas manusia dengan sel kanker yang cepat membelah
  2. Escherichia coli dibiakkan dalam media ekstrak pankreas manusia
  3. Escherichia coli diklon setelah gennya diradiasi menjadi gen insulin
  4. Penyambungan gen insulin dengan plasmid bakteri Escherichia coli
  5. Fermentasi oleh bakteri Escherichia coli terhadap ekstrak pankreas


Untuk memperoleh antibodi dalam skala besar di bidang kedokteran guna mengobati penyakit yang disebabkan virus dapat dilakukan dengan cara ….
      A. teknologi hibridoma
      B. kultur jaringan
      C. totipotensi jaringan
      D. terapi genetik
      E. transplantasi gen

No. 40
Kompetensi (10)
Menjelaskan prinsip-prinsip dan peranan bioteknologi pada salingtemas
Indikator (3)
Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan
Kelas/Smester
XII/2
SK/KD
5.Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas
5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada salingtemas
Materi Essesensial
Dampak bioteknologi bagi masyarakat-lingkungan
Tingkat Berpikir
 C2 (Pemahaman)
Indikator soal


Contoh Soalsoal
Siswa dapat menjelaskan contoh dampak bioteknologi bagi masyarakat-lingkungan

Tanaman transgenik hasil rekayasa genetika sangat menguntungkan, tetapi berdampak negatif terhadap manusia dan lingkungan, contohnya tanaman transgenik yang mengandung gen Bacillus thuringensis (Bt) akan mengakibatkan ....
  1. Punahnya tanaman transgenik yang berkerabat
  2. Produksi tanaman nontransgenik menurun drastis
  3. Serangga dan organisme yang bukan target ikut mati
  4. Tanah bekas ditanami tanaman transgenik menjadi tandus
  5. Bakteri tanah tidak dapat menguraikan zat organik

Implikasi bioteknologi dalam membantu memecahkan masalah lingkungan dapat ditemukan dari peran Thiobacillus ferroxidans dalam ....
  1. Menghasilkan protein sel tunggal (PST)
  2. Memurnikan logam dari bijihnya
  3. Mengendalikan hama tanaman
  4. Membantu pembuatan insulin
  5. Menguraikan tumpahan minyak di laut

Sebagai salah satu produk bioteknologi, kultur jaringan memberi implikasi positif bagi kehidupan manusia,  yaitu ....
A.    tanaman poliploid yang berukuran besar
B.     tanaman transgenik dengan kualitas unggul
C.     tanaman yang tahan penyakit dan hama
D.    bibit tanaman dalam jumlah banyak dan waktu yang singkat
E.     bibit tanaman dengan jaringan yang kokoh dan tahan penyakit































































































































































































































































































































Tidak ada komentar:

bisnis online