SALAM

SELAMAT DATANG di blognya BIOLOG qt >>> ajang KREASI n INOVASI

Senin, Maret 05, 2012

  • PENDIDIKAN

  • KETELADANAN ITU PERLU

               

    oleh :
      BUDI TRIYANTO,SPd. 
        Mantan Waka Kesiswaan
    SMA N 1 Dukuhwaru – Tegal
            

      Di tengah euforia tayangan sinetron yang berkedok PENDIDIKAN, muncullah suatu imbas TONTONAN yang menjadi TUNTUNAN di masyarakat kita. Maka tak heran bila di suatu sekolah terdapat anak-anak yang menjadi korban sinetron.Anak putra berambut gondrong, tindikan, baju dikeluarkan, atribut tidak lengkap, merokok.Juga anak putri yang yang berpakaian seksi, baju dikeluarkan, berantem karena cowok dan sebaliknya.Ataupun hal-hal yang sejenis,

                Dari pengamatan penulis, kecenderungan anak berpenampilan dan bertingkah nyentrik seperti itu, lebih dominan karena mereka BERKIBLAT pada sinetron yang setiap hari mereka konsumsi(oleh sebagian besar anak-anak sekolah dari  jenjang TK sampai SLTA).

               
    Keteladanan yang diberikan oleh bapak,ibu guru mereka di sekolah “ dimentahkan” oleh tayangan sinetron dan kekurangpedulian keluarga, lingkungan terhadap anak didik.Tahunya orang tua siswa, masyarakat “pasrah bongkokan” kepada institusi pendidikan.Itu kan namanya kurang fair .

             Jangan sampai kesadaran kita terlambat. Mulai sekarang sudah saatnya masing-masing fihak baik Pemerintah (Departemen Pendidikan Nasional dan jajarannya), Pemantau Pertelevisian, Lembaga Sensor Film, Pakar Televisi, Pemuka Agama, Pemuka Masyarakat, Praktisi Pendidikan dan Pengamat Pendidikan bersatu padu dan bertekad bulat menciptakan suatu KETELADANAN bagi anak-anak bangsa generasi penerus bangsa, dengan cara menciptakan, mengontrol dan memberikan sumbang saran bagi PRODUSER, SUTRADARA SINETRON  untuk membuat SINETRON yang bersifat DIDAKTIK dan PAEDAGOGIK.

               Sebagai contoh nyata Film LASKAR PELANGI yang nota bene banyak nilai EDUKASInya banyak digemari oleh masyarakat.Banyak diantara masyarakat, guru ataupun siswa mengatakan salut pada film tersebut.Masih banyak tema tentang pendidikan yang layak untuk dijadikan sinetron.Misalnya :
    -          keberhasilan seorang siswa hingga meraih juara Olimpiade Biologi Internasional (IBO)
    -          keberhasilan seorang guru menjadi juara Teladan tingkat Nasional
    -          biografi Ki Hajar Dewantoro
    -          ataupun yang sejenisnya.

    Demikian yang sedikit ini semoga bermanfaat bagi kemajuan PENDIDIKAN di negri tercinta ini.

    CATATAN SEKITAR PENULIS :
             
    Nama               :  Budi Triyanto, SPd.
                Alamat              :  SMA Negeri 1 Dukuhwaru
                                           Jl. Pramuka No 48 Dukuhwaru Kab. Tegal 52451 
                                           Tlp. (0283) 6196373
                HP                    :  0856 4252 4000

    Tidak ada komentar:

    bisnis online